Baanar Lobar Akan Wujudkan Desa Bersih Narkoba

Lombok Barat,- Gelar rapat kerja (Raker) Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) yang dilaksanakan disalah satu lesehan di Kota Mataram, minggu (7/3/2021) yang dihadiri pembina,ketua GP Ansor dan perwakilan PW Ansor NTB.

Dengan digelarnya Raker, ketua GP Ansor Lobar, Hendra Harianto memberikan apresiasi terhadap pengurus Baanar Kabupaten Lobar yang telah mampu melaksanakan raker yang akan menjadi acuan program kedepan,

“Harapan saya Baanar ini bisa menjadi motivasi bagi banom GP Ansor yang lain dalam melaksanakan kegiatan organisasi,” katanya.

Menurutnya, yang terpenting kedepan bisa terwujudnya Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Lobar dan dapat bersinergi antara Baanar dengan Pemda Lobar beserta ormas yang lain.

Sementara itu, Kepala Baanar Lobar, Abdul Mutallib menyampaikan bahwa soal raker yang dilaksanakannya untuk merumuskan program kerja selama periode kepengurusan.

Tema yang diusung dan menjadi tagline Baanar Lobar Jagaq Diriq (Jada Diri), Jagaq Keluarge Langan Narkoba (Jaga Keluarga Dari Narkoba).

“Dari hasil ni, nanti kita akan turunkan ke semua desa di Lobar sebagai landasan untuk membuat kegiatan pencegahan narkoba ditingkat desa,” harap Abdul.

Selain itu, dari hasil Raker akan menitik beratkan pada pencegahan, pemberdayaan dan pendampingan dengan menggunakan metode pendekatan sosial budaya pada pecandu dan mantan pecandu.Melakukan sosialisasi dan edukasi bahaya narkoba berbasis kearifan lokal.

“Melaksanakan rehabilitasi dengan metode hipnoterapi karena di pengurus Baanar ada kita punya master Hipnotis,”sambungnya.

Terakhir soal pemberdayaan, ketua Baanar Lobar  akan mengupayakan agar bisa bersinergi dengan pemda dan stakholder terkait guna merangkul kembali mantan pecandu narkoba untuk dilakukan pelatihan Soft Skil, wirausaha dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *